Sunday, October 08, 2017

, ,

Ketika Tulus Ngomongin Tukar Jiwa

Haloo, selamat siang. Haha, akhirnya aku menyempatkan diri untuk menulis di blog ini lagi. Dan nulis kali ini didasari dari betapa renyahnya lagu Bang Tulus yang sedang ku dengarkan. Yaas, yang pasti, i wanna tell about Tulus, especially about him song, yeeeah thats right, Tukar Jiwa alias Change Soul, HAHA.

***

Nah, jadi, aku udah dengerin cukup lama nih lagu Bang Tulus yang Tukar Jiwa lewat joox. Do you know joox? An application who can help you to listening the songs who happening. Well, sebenernya aku nggak ngikutin album Tulus yang itu dan ini, yang keberapanya dan lain sebagainya. Because, ketika aku jatuh cinta sama satu lagi or lebih, aku lebih mikirin gimana sih pembuat lagu itu nulis liriknya dan ngaransemen musiknya, kalau masalah itu album keberapa nyaa, hmm aku nggak paham, hoho. 

Tapi, setau aku, album bang Tulus yang kali ini, judulnya Monokrom? Iya kali ya. Satu album ini, lagunyaaa enak-enak beuuuut. Bagi yang pernah dan rajin kunjungi twitter aku nih, pasti pada taulah yakan, kalau aku pernah cerita bahwa lagu Tulus itu emang asik di telinga. Kalau mau tau gimana jelasnya, coba aja scroll tweetnya di twiiter aku, Hoho.

***

Seperti yang aku bilang di paragraf pertama, kali ini aku bakal bahas lagunya Doi yang Tukar Jiwa. Lagu ini baru aja ngeluarin Music Video nya sehari yang lalu, belum ada 24 jam. Setelah sekian lama lyric video nya muncul di Youtube dan lagunya di Joox, akhirnya Tulus ngeluarin video klipnya. Siiiikk!! 

Sebelum kita bahas gimana videonya, udah pada tau belum ya, lagu Tulus yang Tukar Jiwa itu gimanee? Oke, ku akan menuliskannya liriknya yaah...


Aku kehabisan cara 
Tuk jelaskan padamu
Mengapa sulit tuk lupakanmu

Aku kehabisan cara
Tuk gambarkan padamu
Kau dimata dan dipandanganku

reef :
Coba sehari saja
Satu hari saja
Kau jadi diriku
Kau akan mengerti 
Bagaimana ku melihatmu
Mengagumimu
Menyayangimu
Dari sudut pandangku

Aku kehabisan cara
Tuk gambarkan padamu
Kau dimata dan dipandanganku

Seandainya satu hari
bertukar jiwa
Kau akan mengerti 
Dan berhenti
Bertanya-tanya

balik ke reef


Gimana? Udah paham? Belum paham juga? Silahkan buka Joox di smartphone masing-masing atau buka Youtube masing-masing, ya!

Balik ke Tukar Jiwa, lagu ini adalah lagu yang kesekian milik Tulus yang menurut aku sarat akan makna. Sepengamatan kacamata ku, Tulus itu kayaknya orang yang berkepribadian Introvert. Why? Karena lirik dalam lagu-lagunya doi itu bermakna universal. Maksudnye, ya makna liriknya itu bisa kita aplikasikan ke hal apa aja. Mau ke hal percintaan dapat, ke kehidupan yang sarat konflik ini juga dapat, so ya bisa kemana aja gitu. Intinya, Tulus tuh emang orang yang juga susah ngejelasin secara gamblang apa yang ada dalam hatinya (sok tau).

Selain itu, kang Tulus juga selalu nulis lagu dan ngebuat lagu yang isinya motivasi. Motivasi apapun. Ya, i think, karena pengalaman doi yang dulunya sering dibully kali ya, makanya doi kasih semangat buat orang-orang yang sering jadi korban bully lewat lagu-lagunya.

Well, balik lagi ke Tukar Jiwa, lagu Tukar Jiwa ini mengambarkan tentang bagaimana sulitnya seseorang ketika ia dihadapkan pada sesuatu dalam hal buat ngungkapin sesuatu itu juga. Ya misal, ngungkapin perasaan suka dan sayang (asik) ke orang yang kita sayangi. Pada umumnya, kita baru percaya kalau seorang itu sayang dengan kita ketika doi udah nyatakan gimana perasaan sebenarnya. 
Misal :

A : Aku
K : Kamu


K : "Hai,. Ada yang Aku mau omongin nih ke Kamu"
A : "Apa tuh?" (Cool like ice in the refrigerator)
K : "Sesungguhnya, i miss you, i like you and i love you since we met." 
A : "Whaaa! Me too."

Jadian-----
Menikah----
Sampai Jadi Debu------

Entah kenapa, udah jadi kebiasaan kita kali ya, kalau seseorang belum ngungkapin perasaannya ke kita, kita belum percaya bahwa dia benar-benar miss sama kita. Miss you ya bukan miss komunikasi. Tapi sebenarnya, ada sebagian orang yang susah buangeet buat ngungkapin perasaannya. Entah karena alasan emang doi nggak mudah bicara kalau udah ngomongin hati atau ya doi emang udah bakal miss, like and love you tanpa harus lu tau. Itu kali ya, kira-kira.

Nah, maybe kang Tulus menceritakan salah satu jenis manusia yang di bagian pertama tadi. Bahwa ada manusia yang emang nggak mudah buat ngungkapin perasaannya, makanya kang Tulus bilang, bahwa cobalah sesekali jadi dia, jadi dia yang sulit buat ngungkapin perasaannya itu, bahwa sebenarnya di bola mata, pikiran dan hatinya ya emang ada nama si doi, doi yang belum percaya kalau dia menyayangi, mengagumi dan lain sebagainya.

Naaaaaaaaaaah jadi gityu, buat kamu-kamu yang sulit ngungkapin perasaan, coba deh dengerin lagu ini dan kalau bisa kasih lagu ini buat pasangan kamu yang belum percaya sama perasaan kamu sesungguhnya, terus kalau emang belum percaya juga, bilang ama dia, "Yok, tukaran jiwa yok?"

***

Pembahasan belum habis nih, masih ada lagi.

Tadi kita kan udah bahas masalah makna dari lagunya, next kita bakal bahas music video nya. Hmm, sebagai seseorang yang mudah jatuh cinta terhadap musik yang model-model kayak Tulus gini, aku tuh cukup ngedengerin lagunya, musiknya dan ngebayangin liriknya yang ciamik, udah deh jatuh cinta tanpa harus ngeliat gimana video klip nya ini dan itunya. Karena ya musik tetap musik. Yang kita nikmati ya musiknya, liriknya dan bonusnya ya video klipnya, tanpa ada videonya musiknya juga tetap kece dan enak didengerin. 

Dalam video klip Kang Tulus yang Tukar Jiwa, ada banyak visual langit dan bayangan manusia. Ini emang tepat dan nyambung banget sama liriknya? Ya emang sih susah banget ngertiin bahwa darimana sih nyambungnya, menurut aku sih ya videonya itu kasih kita makna tersirat dan suruh kita pahamin bahwa, nih videonya nyambung loh sama liriknya. Dan kita disuruh mikir. Bagus banget menurut aku sih, jadi kita disuruh berpikir dan mengimajinasikan kalimat-kalimat dalam liriknya ke dalam gambar-gambar. HOHO. Udah kayak pengamat kali ya...

***

Gimanaaaaa? Udah pada puas dengan review plus curhatan singkat tentang lagu Tulus yang Tukar Jiwa? Kalau belum puas jugaaa, nih ku kasih link youtube nya ya, buat yang penasaran, bener nggak sih yang daku tuliskan diatas, so check this below







Selamat menikmati dan semoga segera bertukar jiwa ya, HOHO!

See yaaaaa.....

Share:

0 komentar:

Post a Comment